Berita Istana - Berita Terbaru dan Terpercaya

IKA FT USU Jabodetabek Inisiasi Unit Pengolahan Sampah Menjadi Energi

Fri, 5 Jul 2019 10:19:36am Dilihat 30 kali author Admin
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Berita terbaru mengenai postingan

MEDAN | Ikatan Alumni Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara Jabodetabek, (IKA FT USU) Jabodetabek menyampaikan Inisiasi Proyek Pembangunan Unit Pengolahan Sampah Menjadi Energi atau yang disebut dengan Waste to Energy Plant di Kota Medan dan Sekitarnya.

Kegiatan dilakukan di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan, Jl. AH Nasution Medan, Kamis (27/6/2019. Rapat inisiasi ini dipimpin Kepala Dinas Ligkungan Hidup Kota Medan, Syarif Armansyah Lubis, SH dan dihadiri juga oleh Pejabat Dinas Kebersihan dan Pertamanan kota Medan.

“Kegiatan ini merupakan wujud partisipasi organisasi yang beranggotakan kurang lebih 3000 orang ini, pada masalah lingkungan hidup dan konservasi energi, terutama untuk kota Medan dan Sekitarnya”, kata Ir. Nasri Sebayang MM, ketua IKA FT USU Jabodetabek.

Banyaknya jumlah sampah dikota kota Medan, yang menurut Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan kota Medan mencapai 2.000 ton per hari. Dan diperkirakan kurang lebih 20 persen merupakan sampah plastik yang sangat sulit terurai. Ini berakibat pada pencemaran lingkungan, banjir dan kesehatan masyarakat.

Ir Siddik Siregar, MM, Pengurus IKA FT USU Jabodetabek mengatakan, persoalan sampah merupakan masalah utama kota–kota besar, seperti kota Medan yang kita cintai ini.

“Persoalan ini harus diselesaikan secara konprehensif, terintegrasi mulai dari perencanaan kota, pembangunan dan pengawasan.”, lanjut Siddik yang juga alumni Fakultas Teknik , Jurusan Teknik Sipil USU.

Sampah Menjadi Energi
Ir. Andi Akmal Amnur IPM, ketua Pokja EBT IKA FT USU Jabodetabek, alumni Teknik Industri USU, dan juga ahli pengelolaan lingkungan ini mengatakan, kemajuan teknologi pengolahan sampah dapat menghasilkan energi, seperti Bahan Bakar Cair, Gas, dan bahkan sebagai pembangkit energi listrik.

Konsep ini dikenal dengan Waste to Energy (WtE), – dari sampah menjadi energi, Banyak negara sudah mengaplikasi ini , imbuhnya. Tapi menurut Andi, implementasi Waste to Energy ini bukanlah sesuatu yang mudah.

Ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan yaitu : Pemilihan Teknologi yang handal, bentuk bisnis dan keekonomian, serta kebijakan tentang renewable energy itu sendiri, termasuk didalamnya budaya masyarakat terhadap pengelolaan sampah. Dan tentunya diharapkan dorongan dari pemerintah, baik bersifat regulasi dan insentif bagi kegiatan pengolahan sampah ini.

Pembangunan Unit Pengolahan Sampah Menjadi Energi yang diinisiasi oleh IKA FT USU Jabidetabej ini, meliputi , Teknologi Waste to Energy, konsep pembiayaan dengan skema KPBU dan investasi pihak swasta.

KPBU, atau Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha, seperti yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 38 tahun 2015, memberikan peluang pada sektor swasta untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan sembilan belas infastruktur, termasuk unit pengolahan sampah dan konservasi energi.

“Kita yakin dengan skema ini persoalan yang selama ini dihadapi oleh pemerintah, yaitu anggaraan yang terbatas dapat diatasi, kata Andi lebih lanjut. Kita akan jadikan Medan sebagai kota Waste to Energy,” jelasnya.

Disampaikan Chairul Munadi SH, Sekretaris Pengurus Pusat IKA USU, konsep kegiatan Inisiasi ini merupakan perwujudan Triple Helix, kolaborasi antara masyarakat akademisi , pengusaha dan pemerintah ( ABG).

Kadis Lingkungan Hidup Kota Medan Syarif Armansyah Lubis sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas inisiasi yang disampaikan IKA FT USU Jabodetabek. Dia berharap agar pengelolaan sampah dengan menggunakan Waste to Energy Plant dapat diwujudkan.

Dengan Waste to Energy Plan, insya Allah persoalan sampah di Kota Medan dapat diatasi. Di samping itu tentunya memiliki nilai ekonomis karena sampah dapat dikelola menjadi energi,” ujar Armansyah.

Pada penutupan acara, IKA FT USU Jabodetabek juga menyerahkan buku Inisiasi Pembangunan Unit Pengolahan Sampah Menjadi Energi di Kota Medan dan Sekitarnya, yang diterima oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, kota Medan, Syarif Armansyah Lubis.KM-red

Baja Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed

Berita medsos

Fri, 15 Nov 2019 02:16:13am

...

Bos OJK Larang Fintech Pinjaman Online Ambil Untung Terlalu Besar

Thu, 1 Aug 2019 03:26:05am

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Dewan Komisioer Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Wimboh Santoso meminta perusahaan financial technology atau fintech tak...

Mahasiswa USU Rangkai Alat Cuci Motor dan AC, Berhasil Raup Penghasilan hingga Rp 15 Juta Per Bulan

Fri, 5 Jul 2019 12:29:45pm

TRIBUN-MEDAN.COM - Kolaliandri Ginting, mahasiswa semester 6 jurusan Administrasi Bisnis FISIP USU membuka lapangan kerja bagi mahasiswa yang...

Lewat ASEAN Week, Kemendag Perkenalkan Budaya ke Korea Selatan

Fri, 5 Jul 2019 10:54:08am

JAKARTA - Industri musik dan perfilman Korea Selatan dalam hampir satu dekade ini telah membanjiri pasar di Asia, termasuk Indonesia. Tidak ingin...

IKA FT USU Jabodetabek Inisiasi Unit Pengolahan Sampah Menjadi Energi

Fri, 5 Jul 2019 10:19:36am

MEDAN | Ikatan Alumni Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara Jabodetabek, (IKA FT USU) Jabodetabek menyampaikan Inisiasi Proyek Pembangunan Unit...

Kenalkan Minuman ‘Gajura Spd’, Mahasiswa USU Menang Kontes Inovasi di Korsel

Tue, 25 Jun 2019 03:22:51am

Medan - Tiga mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) memenangi kontes inovasi internasional yang berlangsung di Seoul, Korea Selatan. Mereka...

Fakultas Ilmu Budaya USU, Luncurkan Buku Adat Istiadat Perkawinan Melayu Sumatera Timur

Tue, 25 Jun 2019 03:19:26am

FAKULTAS Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara (FIB USU) meluncurkan buku ‘Pokok-pokok Adat Istiadat Perkawinan Suku Melayu Sumatera Timur’ di...

Hardiknas 2019, Intip Yuk Segudang Prestasi Mahasiswa USU

Tue, 25 Jun 2019 02:24:39am

Medan, IDN Times.com - Universitas Sumatera Utara ternyata punya segudang prestasi. Sebagai universitas negeri yang tertua di Sumut, prestasi ini...

IKA USU Jakarta Akan Gelar Refleksi 2018 dan Outlook 2019

Mon, 24 Jun 2019 02:51:24pm

JAKARTA (Waspada) : Pasca pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Alumni Universitas Sumatera Utara (IKA USU) Jakarta dan sekitarnya, akan menggelar...

Berita Terbaru

Berita sosmed 2

Fri, 15 Nov 2019 02:18:45am

Berita medsos

Fri, 15 Nov 2019 02:16:13am

International

Fokus

Visitor